Kebijakan Privasi

  1. TUJUAN KEBIJAKAN PRIVASI INI

    1. Kebijakan privasi ini ("Kebijakan Privasi") dikeluarkan oleh Badan Keuangan Daerah sebagai Manajemen Pelaksana PBB Online (selanjutnya disebut sebagai "Manajemen Pelaksana" atau "kami"). Kebijakan Privasi ini berlaku untuk Situs (sebagaimana didefinisikan di bawah) yang disediakan dan dikelola oleh Manajemen Pelaksana. "Situs" adalah pbb.pekalongankota.go.id.

    2. Manajemen Pelaksana berkomitmen untuk senantiasa melindungi Data Pribadi Anda (sebagaimana didefinisikan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia). Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, merekam, mengatur, menyusun, menyimpan, mengubah, mengambil, berkonsultasi, menggunakan, mentransmisikan, mengirimkan, memberitahukan, menggabungkan, menghapus dan / atau menghancurkan (secara kolektif disebut sebagai "proses", "diproses", atau "memproses") Data Pribadi Anda. Kebijakan Privasi ini harus dibaca bersama dengan Syarat & Ketentuan Situs.

    3. Manajemen Pelaksana berhak untuk mengubah, menambahkan ataupun mengurangi dalam rangka penyempurnaan Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu. Sebelum perubahan tersebut efektif, khususnya apabila terkait dengan proses Data Pribadi yang berkaitan dengan tujuan perolehan dan pengumpulan data pribadi, kami akan memberi tahu Anda melalui Situs dan/atau melalui email ke alamat yang terkait dengan akun Anda. Jika Anda tidak setuju dengan perubahan-perubahan tersebut atau Anda menarik persetujuan Anda atas tindakan Kami memproses Data Pribadi Anda, Anda wajib berhenti menggunakan akun Anda dengan mengirimkan email kepada kami di pbb.pekalongankota@gmail.com. Apabila Anda tidak setuju yang mengakibatkan anda berhenti menggunakan akun Anda, maka Anda tidak lagi berhak untuk menjadi penerima manfaat pada PBB Online ini. Apabila Anda terus menggunakan Situs setelah kami mempublikasikan atau mengirim pemberitahuan tentang perubahan kami pada Kebijakan Privasi ini berarti bahwa Anda menyetujui Kebijakan Privasi yang diperbarui.

  2. DATA PRIBADI YANG KAMI KUMPULKAN

    1. "Data Pribadi" berarti informasi tentang Anda, dari mana Anda dapat diidentifikasi, nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, alamat e-mail, rekening bank, jenis kelamin, identifikasi (termasuk KTP, SIM, atau Paspor) atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah, foto, kewarganegaraan, serta informasi biometrik (termasuk namun tidak terbatas pengenalan wajah), serta profil pribadi, dan/atau nomor pengenal unik.

      Selain Data Pribadi yang Anda berikan kepada Manajemen Pelaksana secara langsung, Manajemen Pelaksana dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari sumber yang tersedia untuk umum atau dari pihak ketiga, misalnya:

      1. dari sumber yang tersedia untuk umum;
      2. dari halaman media sosial resmi kami, jika Anda mengikuti, suka atau penggemar halaman tersebut;
      3. dari kementerian/lembaga;
      4. ketika Anda hadir, berinteraksi, atau berkomunikasi dengan Manajemen Pelaksana di acara atau kegiatan apa pun;
      5. dari entitas-entitas privat lainnya yang pernah memberi Anda layanan atau pernah memiliki hubungan kontraktual dengan Anda; atau
      6. dari mitra Manajemen Pelaksana dalam melaksanakan layanan pemasaran PBB Online ini.
    2. Data Pribadi yang kami kumpulkan dari Anda ketika Anda berinteraksi dengan kami secara daring (online) di Situs kami dan/atau interaksi Anda dengan kami.

    3. Anda tidak berkewajiban untuk memberikan Data Pribadi apa pun yang diminta oleh kami. Namun, jika Anda memilih untuk tidak memberikan kepada kami Data Pribadi tertentu, kami mungkin tidak dapat menangani permintaan Anda, dan/atau memberi Anda layanan sebagaimana mestinya yang mana layanan yang akan kami berikan bergantung pada kemampuan kami untuk melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda. Kami juga mungkin tidak dapat menanggapi pertanyaan atau instruksi Anda tanpa Data Pribadi Anda.

    4. Ketika Anda mengunjungi dan menelusuri Situs kami atau menggunakan layanan kami, kami mengumpulkan data untuk keperluan statistik dan pemeliharaan yang memungkinkan kami untuk mengevaluasi kinerja Situs atau layanan kami. Informasi umum tersebut meliputi:

      1. jumlah pengguna yang mengunjungi Situs kami atau menggunakan layanan kami dan jumlah halaman yang dilihat;
      2. tanggal, waktu, dan lama kunjungan;
      3. jalur yang diambil untuk menuju Situs Kami; dan
      4. situs milik pihak ketiga yang dituju melalui Situs kami.

      Informasi tersebut tidak akan mengidentifikasi Anda dan kami tidak akan menggabungkannya dengan informasi apa pun dengan cara yang kami dapat mengidentifikasi Anda.

    5. Ketika Anda berinteraksi dengan kami untuk hal-hal di mana secara logis Data Pribadi Anda diperlukan oleh kami untuk menangani interaksi Anda, permintaan atau aktivitas Anda, kami perlu mendapatkan Data Pribadi dari Anda untuk menyelesaikan interaksi tersebut, seperti aplikasi daring (online) Anda untuk layanan kami, informasi dan/atau pendaftaran layanan kami yang telah Anda peroleh atau dapatkan dari kami ("Pendaftaran Layanan"). Anda akan memiliki hak untuk memilih apakah akan memberikan Data Pribadi atau tidak, meskipun jika Data Pribadi tertentu yang dibutuhkan tidak diberikan kepada kami, berarti kami mungkin tidak dapat menangani permintaan atau transaksi Anda yang dimaksud.

    6. Anda mengakui bahwa dengan memberikan persetujuan atas pemberian Data Pribadi kepada kami, Anda menyatakan dan menjamin bahwa setiap Data Pribadi dan informasi yang Anda berikan kepada kami adalah Data Pribadi dan informasi yang benar, akurat dan lengkap.

  3. BAGAIMANA KAMI MENGUMPULKAN DATA PRIBADI

    1. Manajemen Pelaksana mengumpulkan Data Pribadi dalam beberapa cara, yaitu sebagai berikut:
      1. ketika Anda melakukan pendaftaran Akun pada Situs;
      2. ketika Anda menggunakan layanan kami;
      3. dari pihak ketiga, seperti, mitra resmi pemerintah dalam pelaksanaan PBB Online yang dilakukan melalui aplikasi, situs internet, dan/atau layanan konten lainnya berbasis internet ("Platform Digital");
      4. dari sumber informasi yang tersedia untuk umum;
      5. dari rekam jejak yang berkaitan dengan penggunaan Anda pada Situs;
      6. ketika Anda berinteraksi dengan kami seperti melalui pusat panggilan pelanggan kami atau melalui akses dan penggunaan Anda terhadap Situs, atau layanan daring (online) dan telepon kami;
      7. ketika Anda memasukkan Data Pribadi Anda di Situs; dan
      8. ketika Anda terlibat dengan kami melalui berbagai media sosial.
    2. Setiap data yang bersifat anonim dan tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda, seperti jumlah pengguna yang mengunjungi Situs ini, yang dapat dikumpulkan dengan menggunakan fitur yang disematkan di halaman-halaman Situs ini. Anda tidak diperkenankan untuk menonaktifkan fitur pada halaman tersebut.
    3. Kami dapat mempergunakan cookies untuk mengidentifikasi diri Anda. Cookies adalah file kecil yang kami simpan di dalam browser Anda atau di dalam perangkat keras komputer Anda. Kami menggunakan cookies masuk untuk mengingat Anda ketika Anda masuk untuk pengalaman yang mulus. Kami menggunakan cookies untuk melacak pergerakan Anda dari halaman ke halaman dan untuk menyimpan memasukkan yang Anda pilih sehingga Anda tidak terus-menerus dimintai informasi yang sama. Penggunaan cookies adalah standar industri yang digunakan oleh sebagian besar situs web utama. Sebagian besar browser Internet diatur untuk menerima cookie. Jika Anda memilih untuk tidak menyetujui penggunaan cookies, Anda dapat menyesuaikan browser Internet Anda untuk menonaktifkan cookies atau memperingatkan Anda ketika cookie sedang digunakan. Untuk lebih memahami cookies, Anda dapat mengunjungi situs: www.allaboutcookies.org.
    4. Kami dapat menggunakan flash cookies. "Flash Cookies" (juga disebut Local Shared Objects atau "LSOs") adalah file data yang mirip dengan cookie, kecuali mereka dapat menyimpan data yang lebih kompleks. Flash Cookie digunakan untuk mengingat pengaturan, preferensi, dan penggunaan, khususnya untuk video, permainan interaktif, dan layanan serupa lainnya. Kami dapat menggunakan web beacons. Web beacons adalah gambar grafik kecil pada halaman web atau dalam email yang dapat digunakan untuk hal-hal seperti merekam halaman dan iklan yang diklik oleh pengguna, atau melacak kinerja kampanye pemasaran email. Kami dapat menggunakan tag analytics. Jika demikian, kami menggunakan tag analytics untuk menganalisis apa yang pelanggan suka lakukan dan efektivitas fitur dan iklan kami. Mereka juga dapat membantu kami menyesuaikan pengalaman penelusuran Anda. Kami dapat menggunakan informasi yang dikumpulkan melalui tag analytics atau tautan yang dilacak bersama dengan Data Pribadi Anda untuk Tujuan. Kami juga dapat menggabungkan Data Pribadi yang Anda berikan kepada kami dengan Data Pribadi Anda yang lain (seperti informasi demografis) untuk Tujuan.]
    5. Situs ini dapat mencakup hyperlink yang memungkinkan Anda untuk mengakses sejumlah situs web dan aplikasi daring (online) lain yang tidak dioperasikan oleh Manajemen Pelaksana. Situs web dan aplikasi daring (online) lainnya ini tunduk pada Kebijakan Privasi spesifik mereka. Dalam hal ini, kami sangat menyarankan Anda untuk membaca ketentuan privasi dan keamanan yang relevan dengan situs-situs tersebut agar Anda memahami bagaimana organisasi-organisasi itu akan menangani Data Pribadi Anda.
  4. TUJUAN UNTUK PENGOLAHAN DATA PRIBADI ANDA

    1. Manajemen Pelaksana akan/dapat memproses Data Pribadi Anda untuk melakukan pendaftaran akun dan pendaftaran PBB Online, tanpa batasan, di mana Anda adalah pengguna layanan yang disediakan oleh Manajemen Pelaksana:
      1. untuk memberi Anda manfaat yang ditawarkan kepada pengguna, sesuai dengan syarat dan ketentuan untuk mendapatkan manfaat tersebut;
      2. untuk melakukan uji tuntas atau kegiatan penyaringan lainnya (termasuk pemeriksaan latar belakang) sesuai dengan kewajiban hukum atau peraturan di Indonesia yang berlaku bagi kami, persyaratan atau pedoman otoritas pemerintah di Indonesia yang kami tentukan berlaku untuk kami, dan/atau prosedur manajemen risiko kami yang mungkin diwajibkan berdasarkan hukum Indonesia atau yang mungkin telah diberlakukan oleh kami;
      3. untuk mematuhi atau melaksanakan syarat dan ketentuan dari setiap kontrak atau perjanjian yang dibuat antara Manajemen Pelaksana dengan Anda;
      4. untuk memberikan Anda layanan apa pun yang Anda mintakan kepada Kami;
      5. untuk tujuan pemasaran dan dalam hal ini, kami akan menyediakan Anda dengan informasi pemasaran, periklanan dan promosi, bahan dan/atau dokumen yang berkaitan dengan produk, layanan dan/atau acara (termasuk dari organisasi pihak ketiga dengan siapa Manajemen Pelaksana berkolaborasi) bahwa Manajemen Pelaksana atau organisasi pihak ketiga tersebut dapat memasarkan, menawarkan, mengorganisir, terlibat dalam atau mempromosikan, apakah produk, layanan, dan/atau acara tersebut yang ada sekarang atau yang akan dibuat di masa depan dengan cara komunikasi apa pun, termasuk melalui, tetapi tidak terbatas pada panggilan suara (telemarketing), pesan teks, surat pos, faksimili, transmisi elektronik ke alamat email Anda, atau memanfaatkan teknologi lain (seperti lokasi geografis) teknologi untuk Situs kami di perangkat seluler Anda atau teknologi lain di komputer Anda, sesuai dengan hukum dan peraturan perlindungan Data Pribadi yang berlaku di Indonesia.
      6. untuk memproses partisipasi Anda dalam setiap acara, kegiatan, kelompok fokus, atau promosi;
      7. untuk melakukan penelitian (termasuk penelitian pelanggan), survei, survei pasar, analisis dan/atau kegiatan pengembangan (termasuk tetapi tidak terbatas pada analisis data dan / atau pembuatan profil) untuk meningkatkan layanan dan fasilitas kami, atau untuk meningkatkan pemahaman kami tentang minat Anda, masalah dan preferensi, untuk meningkatkan interaksi berkelanjutan antara Anda dan kami yang terhubung atau terkait dengan Situs, atau meningkatkan produk atau layanan kami. Tanpa membatasi sifat umum dari hal-hal tersebut di atas, kami dapat/akan dalam hal ini mengirimkan Anda survei melalui email atau surat pos;
      8. untuk menanggapi setiap pertanyaan yang diberikan oleh (atau dimaksudkan untuk diberikan oleh) Anda atau atas nama Anda termasuk menanggapi pertanyaan dan keluhan layanan pengguna; atau menanggapi atau berurusan dengan interaksi Anda dengan kami;
      9. untuk memantau, memproses dan/atau melacak penggunaan Anda atas Situs untuk memberikan Anda pengalaman yang baik, memfasilitasi atau mengelola penggunaan Anda atas Situs, dan/atau untuk membantu kami dalam meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan Situs.;
      10. menggunakan Cookies untuk meningkatkan proses, iklan, pemberitahuan, otentikasi, keamanan dan kepatuhan, analisis dan manajemen preferensi kami;
      11. untuk mencegah atau menginvestigasi kecurangan, aktivitas yang melanggar hukum atau kelalaian atau perilaku buruk, baik ada kecurigaan terhadap hal tersebut di atas; menangani konflik kepentingan; atau berurusan dengan dan/atau menyelidiki pengaduan;
      12. untuk mematuhi atau sebagaimana disyaratkan oleh hukum yang berlaku, keputusan pengadilan, perintah badan pengawas, persyaratan pemerintah atau peraturan yang berlaku untuk Manajemen Pelaksana dan Anda, termasuk memenuhi persyaratan untuk membuat pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum apa pun yang mengikat Manajemen Pelaksana dan Anda, dan/atau untuk tujuan pedoman apa pun yang dikeluarkan oleh badan pengatur atau pihak berwenang lainnya di Indonesia, yang diharapkan dapat kami patuhi;
      13. untuk mematuhi atau sebagaimana diminta oleh permintaan atau arahan dari otoritas pemerintah mana pun yang Manajemen Pelaksana dan Anda diharapkan untuk mematuhi; atau menanggapi permintaan informasi dari Lembaga publik, kementerian, dewan atau otoritas serupa lainnya. Untuk menghindari keragu-raguan, berarti bahwa kami dapat/akan mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak-pihak tersebut atas permintaan atau arahan mereka;
      14. untuk menyelenggarakan dan membuat cadangan (recovery) Data Pribadi Anda ((baik untuk pemulihan bencana atau lainnya);
      15. memelihara dan mengembangkan sistem dan infrastruktur kami termasuk pengujian dan peningkatan sistem ini; dan
      16. untuk menganonimkan Data Pribadi Anda. Dalam hal ini, Anda menyetujui bahwa Data Pribadi yang telah dianonimkan bukan lagi Data Pribadi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang perlindungan Data Pribadi tidak lagi berlaku untuk data anonim tersebut.
        (tujuan-tujuan yang disebutkan di atas akan secara kolektif disebut sebagai "Tujuan").
    2. Sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini, Anda mengakui dan menyetujui bahwa kami dapat melakukan komunikasi dengan Anda melalui pengiriman korespondensi, dokumen dan pemberitahuan kepada Anda, baik secara elektronik maupun surat menyurat, yang dapat melibatkan pengungkapan Data Pribadi tertentu tentang Anda untuk mewujudkan pengiriman yang sama serta pada sampul luar paket amplop/surat.
    3. Untuk menghindari keragu-raguan, Anda mengakui dan menyetujui Manajemen Pelaksana berbagi Data Pribadi Anda dengan pihak ketiga untuk menjalankan Tujuan di atas
  5. BAGAIMANA DATA PRIBADI ANDA DISIMPAN, DITANGANI DAN DIKELOLA

    1. Manajemen Pelaksana sangat berhati-hati untuk melindungi privasi Anda. Dalam hal ini, kami akan mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Anda dirahasiakan dan aman, dan mengambil langkah-langkah teknis dan organisasi yang wajar untuk melindungi Data Pribadi Anda dari perusakan yang tidak sah atau tidak disengaja, kehilangan yang tidak disengaja, bentuk pemrosesan yang tidak sah atau tidak sah.
    2. Segala informasi yang diberikan kepada kami di Situs dilindungi oleh Secure Sockets Layer protocols.
    3. Di mana kami mengalihkan Data Pribadi Anda dari server kami ke komputer mainframe kami, kami akan menggunakan semua upaya yang wajar untuk memastikan bahwa ini dilakukan dengan aman. Akses ke komputer mainframe kami dilindungi oleh sistem keamanan firewall jika diperlukan, relatif terhadap risiko informasi yang disimpan. Selain itu, Situs ini menggunakan fitur untuk memantau potensi ancaman privasi dan keamanan.
    4. Setiap Data Pribadi yang disimpan dalam sistem Manajemen Pelaksana akan disimpan dalam bentuk yang terenkripsi dan dilindungi dari akses tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan serta prosedur keamanan termasuk kata sandi pengguna.
    5. Perlu diketahui bahwa pengiriman informasi melalui internet tidak pernah sepenuhnya aman, dan sementara kami berupaya menggunakan upaya terbaik kami untuk mengamankan dan melindungi informasi tersebut, kami tidak dapat menjamin keamanan informasi yang disediakan atau dikirimkan kepada kami oleh Anda. Segala ketentuan informasi semacam itu adalah risiko Anda sendiri.
    6. Kami juga akan memberlakukan tindakan sedemikian rupa sehingga Data Pribadi Anda yang kami miliki atau di bawah kendali kami dihancurkan dan/atau dianonimkan segera setelah dianggap secara wajar bahwa (i) tujuan pengumpulan Data Pribadi itu tidak lagi dilayani oleh penyimpanan Data Pribadi tersebut; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan hukum atau usaha apa pun. Dalam hal apa pun, penghancuran Data Pribadi yang kami miliki akan dilakukan paling singkat 5 tahun setelah Anda tidak lagi menjadi pengguna PBB Online.
  6. KAPAN KAMI MENGUNGKAPKAN DATA PRIBADI ANDA

    1. Manajemen Pelaksana mungkin/akan perlu mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada organisasi pihak ketiga mana pun di luar Manajemen Pelaksana termasuk, dan organisasi-organisasi tersebut dapat berlokasi (dan Data Pribadi Anda dapat diungkapkan) di luar negeri dan di luar Indonesia, untuk satu atau lebih Tujuan di atas, seperti pihak ketiga, akan memproses Data Pribadi Anda untuk satu atau lebih Tujuan di atas. Dalam hal ini, Anda dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa kami diizinkan untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga tersebut (apakah berlokasi di dalam atau di luar Indonesia) untuk satu atau lebih Tujuan di atas dan bagi pihak ketiga tersebut untuk selanjutnya memproses Data Pribadi Anda untuk satu atau lebih Tujuan di atas. Pengungkapan ini akan dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pihak ketiga yang biasanya kami informasikan informasi Anda meliputi:
      1. organisasi pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan Manajemen Pelaksana untuk membantu kami dalam menyediakan layanan kepada Anda termasuk instalasi, pemeliharaan, dan perbaikan;
      2. pihak ketiga lainnya dengan siapa kami memiliki hubungan kerja sama, dan terkait termasuk tetapi tidak terbatas pada mereka yang menyediakan layanan administrasi atau lainnya kepada kami seperti persuratan, pusat panggilan, perusahaan telekomunikasi, perusahaan teknologi informasi dan pusat data;
      3. Platform Digital sebagai mitra resmi dalam pelaksanaan PBB Online;
      4. pelaku riset pasar, pemasaran dan/atau penyedia layanan telemarketing;
      5. penasihat profesional kami, misalnya, auditor, penilai independen dan penasihat hukum kami;
      6. pemerintah, regulator, atau organisasi lain kepada siapa kami diharuskan untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda secara hukum atau perintah atau putusan lembaga peradilan;
      7. unit kerja yang mungkin akan dibentuk oleh Pemerintah dikemudian hari untuk melaksanakan operasional PBB Online;
      8. pihak ketiga kepada siapa pengungkapan oleh Manajemen Pelaksana adalah untuk satu atau lebih Tujuan di atas dan pihak ketiga tersebut pada saatnya akan memproses Data Pribadi Anda untuk satu atau lebih Tujuan di atas.
  7. BAGAIMANA ANDA DAPAT MEMBUAT PENGADUAN TERKAIT DATA PRIBADI ANDA

    1. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang pemrosesan Data Pribadi Anda, silakan hubungi kami dengan menulis yang menjelaskan kekhawatiran Anda ke alamat korespondensi atau alamat email di bawah ini.
    2. Kami akan menyelidiki dan berupaya memberikan tanggapan kami kepada Anda dalam waktu yang wajar setelah menerima pengaduan terkait kekhawatiran Anda.
  8. BAGAIMANA MENGHUBUNGI KAMI TENTANG KEBIJAKAN PRIVASI INI

    1. Jika Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan Kebijakan Privasi kami, atau jika Anda ingin meminta akses atau koreksi Data Pribadi Anda atau untuk menarik persetujuan Anda, silakan hubungi atau kirimkan permintaan Anda kepada kami di E-mail: pbb.pekalongankota@gmail.com.
  9. KETENTUAN UMUM

    1. Kebijakan Privasi ini mengatur pemrosesan Data Pribadi Anda ketika Anda mulai mengunjungi Situs kami.
    2. Persetujuan yang telah diberikan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini merupakan tambahan untuk dan tidak menggantikan persetujuan lain yang Anda berikan kepada Manajemen Pelaksana sehubungan dengan layanan yang diberikan kepada Anda dalam rangka PBB Online.
    3. Untuk menghindari keragu-raguan, jika peraturan perundang-undangan tentang perlindungan data mengizinkan organisasi seperti kami untuk memproses Data Pribadi Anda tanpa persetujuan Anda, izin tersebut yang diberikan oleh hukum akan berlaku.